Google
web anggaari.blogspot.com

PC Media Anti Virus 1.9.1

Berawal ketika ingin memindahkan data dari USB flash disk ke komputer. Saya mendapati keanehan terhadap file–file word yang saya pindahkan. File-file tersebut yang awalnya berekstensi doc menjadi file application berekstensi exe. Hal tersebut terlihat juga dari ukuran file yang semuanya berukuran 684 KB dan icon dari file-file tersebut berbeda dengan icon file word biasanya. Virus tersebut menyembunyikan file word asli (*.doc) dengan file application (*.exe) dengan nama file yang sama. Ketika kita menghapus file application (*.exe), file tersebut dapat hilang, tetapi sesaat kemudian kembali lagi. Prinsip kerja virus ini seperti Rontok Bro yang beberapa tahun lalu sempat terkenal.

Tetapi alhamdulillah file-file word yang bukan berasal dari USB flash disk tidak berubah menjadi application. Setelah mencoba beberapa antivirus seperti AVG, Antivir, Ansav dan Avast, tetapi semua antivirus tersebut tidak dapat menghapus dan mengembalikan file word seperti semula. Setelah browsing di internet, saya menemukan anti virus lokal yang lumayan bagus yaitu PC Media Anti Virus (PCMAV). Untuk saat ini release terakhir dari PCMAV adalah PCMAV 1.91 build 3.

Setelah melakukan scan dengan PCMAV 1.9.1, terdeteksi virus "Malingsi.B" pada semua file word. Ternyata "Malingsi.B" disamping menjangkiti file word, virus ini juga menyerang file "winword.exe" pada "Directory Microsoft Word" komputer. Hal tersebut yang menyebabkan file yang terjangkit virus akan kembali lagi, walaupun telah dihapus. Pada akhir proses scan, bersihkan file-file yang terjangkit virus . Semua file word yang bermasalah kembali seperti semula.

Download PCMAV 1.91 with ClamAV Engine 0.94.2, disini

0 comments: